Wejangan Mbah Maridjan Soal Gunung Merapi Marah Kembali Viral, Ini Isinya

- Jumat, 17 Maret 2023 | 15:17 WIB
Mbah Maridjan Pernah Minta Empat Bupati Ini Mikir Supaya Gunung Merapi Tidak Erupsi! Siapa Saja Mereka? (Instagram @undercover.id)
Mbah Maridjan Pernah Minta Empat Bupati Ini Mikir Supaya Gunung Merapi Tidak Erupsi! Siapa Saja Mereka? (Instagram @undercover.id)

Naung.id - Gunung Merapi kembali mengalami erupsi sejak Sabtu siang (11/3) lalu. Ingatan publik kembali pada sosok Mbah Maridjan sang juru kunci yang meninggal dalam erupsi besar 2010 silam.

Di media sosial kembali beredar wejangan dari Mbah Maridjan. Yaitu agar para kepala daerah yang berdekatan dengan Gunung Merapi dapat menjaga alam dan tidak merusak lingkungan.

Baca Juga: Hujan Terlama Sepanjang Sejarah: Tidak Berhenti Selama 247 Hari Non Stop, Kok Bisa ya?

Daerah tersebut diantaranya seperti Magelang, Sleman, Klaten, dan Boyolali.

Menurut almarhum Mbah Maridjan agar Gunung Merapi tidak marah, maka penambangan pasir di Gunung Merapi seharusnya tidak dilakukan secara berlebihan. Misalnya dengan menggunakan alat-alat berat secara membabi buta.

Baca Juga: Begini Cara yang Sopan dan Bermartabat Bila Ingin BAB Saat Mendaki Gunung

"Pantangannya Merapi supaya tidak marah itu alat berat-alat berat jangan sampai merusak daerah Jogja. Kalau daerah Klaten tidak tahu, Magelang tidak tahu. Kalau butuh pasir biarlah diberi pasir, tetapi jangan mencari pasir pakai alat berat di Jogja," kata Mbah Maridjan

Selain itu, almarhum juga mengingatkan agar para pemimpin di daerah Sleman, Klaten, Magelang dan Boyolali dapat berfikir untuk dapat menjaga lingkungan di wilayah Gunung Merapi.

Baca Juga: Tenda Sakinah, Ruang Bercinta Pasutri di Pengungsian Gempa Cianjur

Pasalnya, apabila kepala daerah dari empat wilayah tersebut tidak bisa mengusir alat berat yang menambang di Merapi, maka bukan tidak mungkin bagi Merapi mengirimkan pasir beserta awan panas.

"Jelas itu. Namanya merusak lingkungan. Seumpama Bupati keempat tadi itu, Sleman, Klaten, Magelang dan Boyolali tidak mau mengusir alat berat selamanya. Maka akan diberi (pasir) beserta awan panas," ujarnya.

 

Editor: Ramadhania Hani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Massa Ngamuk, Konser Slank di Semarang Ricuh

Minggu, 21 Mei 2023 | 23:05 WIB
X