Mitos atau Fakta Memelihara Kucing Bisa Mandul

- Kamis, 2 Februari 2023 | 10:11 WIB
Kucing yang kerap pup sembarangan membuat jijik dan emosi. Padahal cara mengatasinya cukup pakai satu batang lidi (Foto : Tangkapan layar Facebook kucing hits)
Kucing yang kerap pup sembarangan membuat jijik dan emosi. Padahal cara mengatasinya cukup pakai satu batang lidi (Foto : Tangkapan layar Facebook kucing hits)

Naung.id - Memelihara hewan bisa menjadi salah satu opsi untuk melepas stress. Hewan peliharaan biasanya menjadi salah satu tempat curhat pemiliknya.

Salah satu hewan yang paling banyak dipelihara adalah kucing. Banyak orang yang memelihara berbagai jenis kucing.

Mitosnya perempuan yang memelihara kucing akan susah hamil atau bikin mandul. Apalagi perempuan yang baru menikah dan memiliki kucing dirumah akan sering ditakut-takuti kerabatnya jika memelihara kucing bisa memicu kemandulan.

Baca Juga: Asam Lambung Naik? Berikut Titik Pijat untuk Meredakan Sesak Napas yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Lalu apakah hal tersebut merupakan mitos atau sebuah fakta?

Ternyata penjelasan tentang kepercayaan memelihara kucing bisa memicu kemandulan ada penjelasan ilmiahnya, loh. Simak penjelasan selengkapnya di artikel ini.

Sebetulnya bukan kucingnya yang harus kalian waspadai, namun parasit yang terkandung dalam kotoran dari kucing ini yang perlu diwaspadai.

Kucing bisa terkena infeksi toksoplasma jika makanan burung dan hewan pengerat yang terinfeksi parasit tersebut. Sebetulnya kucing bisa terkena toksoplasma dari kotoran kucing lain yang terkontaminasi parasit yang sama.

Baca Juga: Padahal Nggak Pernah Belajar, Kok Bisa Sih Lima Shio Ini Paling Pintar?

Toksoplasma bisa hidup selama berbulan-bulan dan mencemari tanah, air, kotak kotoran, rumput, atau tempat-tempat yang sering kucing gunakan sebagai tempat buang air.

Umumnya kucing bisa terinfeksi parasit tersebut setelah 3-10 hari mengkonsumsi hewan-hewan tersebut. Kemudian parasit tersebut menempel pada kotoran kucing selama 2 minggu. Lalu parasit tersebut bisa menular setelah 1-5 hari setelah keluar dari kotoran kucing.

Kucing bisa tertular parasit toksoplasma hanya sekali saja. Oleh karena itu, bisa jadi kucing menyebarkan parasit tersebut hanya satu kali selama periode kalian memeliharanya.

Baca Juga: Sejak Dulu Terkenal dengan Sebutan Bumi Sukowati, Berikut Profil Kabupaten Sragen

Kalaupun tidak memelihara kucing, kalian masih bisa terkena kontak dengan toksoplasma melalui makanan seperti daging mentah. Oleh karena itu, sebelum memakan sesuatu atau memegang sesuatu disarankan untuk mencuci tangan degan sabun dan air mengalir.

Halaman:

Editor: Hafifah Nurchasanah

Artikel Terkait

Terkini

Tips Ngebolang Ala Backpacker di Usia Lanjut

Senin, 13 Maret 2023 | 18:30 WIB

Apa yang Terjadi Saat David Koma? Seperti Bermimpikah?

Selasa, 28 Februari 2023 | 08:40 WIB

Buat Suami Melayang, Ayo Berikan 10 Kata Cinta Ini

Minggu, 26 Februari 2023 | 10:03 WIB

Sudah Tahu Belum , Komodo Ternyata Punya Dua Penis?

Selasa, 21 Februari 2023 | 15:30 WIB
X